1 Maret: Hari Kehakiman Nasional 1 Maret: Hari Jadi Tentara Nasional Indonesia 6 Maret: Hari Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) 6 Maret: Hari Strategi Konservasi Sedunia 8 Maret: Hari Wanita/Perempuan Internasional 9 Maret: Hari Musik Nasional (Keppres Nomor 10 Tahun 2013) 10 Maret: Hari Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) 11 Maret: Hari Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) 20 Maret: Hari Kebahagiaan Internasional 20 Maret: Hari Kehutanan Sedunia 21 Maret: Hari Sindrom Down (penyakit Down Sindrom) 22 Maret: Hari Air Sedunia 23 Maret: Hari Meteorologi Sedunia 24 Maret: Hari Peringatan Bandung Lautan Api 24 Maret: Hari TBC (Tuberkolosis) Sedunia 27 Maret: Hari Klub Wanita Internasional 29 Maret: Hari Filateli Indonesia 30 Maret: Hari Film Nasional (Keppres Nomor 25 Tahun 1999)

51 Pemuda Mengikuti Jambore Pemuda Daerah Ke VIII

  • Kepemudaan,Lintas Sektor
  • Selasa, 12 Maret 2019

DISPORAKALTIM | Jambore Pemuda Daerah (JPD) ke VIII Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019 diikuti sebanyak 51 pemuda teridiri atas 24 putra dan dan 27 putri dari 9 Kabupaten/Kota , minus Penajam Paser Utara yang tidak mengirimkan pemudanya.

Gubernur Kalimantan Timur, H Isran Noor, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim,  H Bere Ali berpesan kepada seluruh peserta agar menampilkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki dengan semaksimal mungkin, sehingga nantinya dewan juri yang bertugas dapat memilih peserta terbaik yang akan mewakili Kaltim di ajang Jambore Pemuda Indonesia.

“Saya berharap para pemuda dari kabupaten/Kota dalam menjalani proses seleksi dapat menun jukkan kemapuan dan keahlian yang dimiliki semaksimal mungkin, tentunya dengan demikian Dewan juri akan memilih wakil terbaik Kaltim, sehingga kita berharap bersama bahwa kaltim akan kembali menjadi Juara umum di ajang jamboree Pemuda Indonesia mendatang,”pesannya Gubernur yang disampaikan dalam acara pembukaan JPD Kaltim di Lembah Hijau Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, Kota Bontang.

Sebelumnya, Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Prof. Faisal Abdullah, mengapresiasi kegiatan JPD yang telah memasuki tahun kedelapan di Provinsi Kaltim,  terlaksana.

“Terkonfirmasi bahwa JPD di Kaltim telah berlangsung setiap tahun dan diikuti oleh para pemuda setiap Kabupaten/Kota, dipilih secara selektif dan kompetitif. Ini sangat kami apresiasi karena sejalan dengan asas keadilan dan akuntabilitas yang tinggi, kaltim perlu mendapat apresiasi yang tinggi, karena belum semua provinsi di Indonesia melaksanakan JPD. Apresiasi dan terima kasih atas penyelenggaraan JPD Kaltim yang ke-8 ini. Semoga senantiasa menjadi pemicu semangat nasionalisme dan mencintai nilai-nilai kebudayaan Indonesi.,”katanya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Penyelenggara, Syirajudin, yang juga Kadispora Kaltim, menyampaikan bahwa kegiatan jambore ini sangat bermakna positif karena merupakan wahana untuk memperkokoh daya saing diantara pemuda.

Kompetisi kompetensi yang sehat sesama pemuda dari kota/kab se-Kalimantan Timur diyakini juga akan mendorong kebersamaan walaupun berkembang dalam suasana lomba.

“kegiatan JPD ini bertujuan agar terpilihnya calon peserta JPI Provinsi kalimantan Timur ke tingkat nasional tahun 2019 di provinsi sulawesi utara, dengan melalui proses seleksi yang terbuka, jujur dan berkeadilan, kemudian meningkatkan kualitas calon peserta program JPI tahun 2019, dengan menetapkan calon peserta yang layak dan baik untuk mewakili pemuda provinsi kalimantan timur  secara administratif maupun teknis dan sesuai dengan yang diharapkan,”lapornya.

Disamping itu, JPD ini juga bertujuan agar bertumbuhkembangnya aspek etika dan moralitas pada setiap dimensi kehidupan pemuda Kalimantan Timur, sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup dan masyarakat disekitarnya serta memperkokoh persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara dengan  meningkatkan peran aktif pemuda dalam bidang olahraga, seni dan budaya

Usai acara pembukaan, Deputi Pemberdayaan pemuda Kemenpora didampingi wlaikota Bontang, kadispora Kaltim serta sejumlah pejabat terkait meninjau stan pameran yang menghasilkan karya-karya pemuda Kabupaten/Kota dan dilanjutkan dengan peninjauan tenda peserta. (rdi)

sumber

http://www.disporakaltim.info/berita-51-pemuda--mengikuti-jambore-pemuda-daerah-ke-viii.html