1 Mei: Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat 1 Mei: Hari Buruh Sedunia 2 Mei: Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 5 Mei: Hari Lembaga Sosial Desa (LSD) 10 Mei: Hari Lupus Sedunia 11 Mei: Hari POM - TNI 15 Mei: Hari Korps Resimen Mahadjaya/ Jayakarta (Menwa Jayakarta) 16 Mei: Hari Wanadri 17 Mei: Hari Buku Nasional 19 Mei: Hari Korps Cacat Veteran Indonesia 20 Mei: Hari Kebangkitan Nasiona-Hari Bakti Dokter Indonesia 21 Mei: Hari Peringatan Reformasi 23 Mei: Hari Penyu Sedunia 29 Mei: Hari Keluarga 31 Mei: Hari Tanpa Tembakau Sedunia

DI ACARA JPI. MENPORA RI IMAM NAHRAWI : PEMUDA HARUS BERMIMPI BESAR UNTUK INDONESIA.

  • Kedeputian,Kepemudaan,Pemerintah Daerah
  • Selasa, 06 November 2018

DEPUTI 1 | Bangka Selatan, Gelaran Jambore Pemuda Indonesia (JPI-red) kembali digelar pada tahun 2018 ini. Acara yang mengumpulkan para pemuda terbaik dari 34 provinsi di Indonesia ini di gelar dengan sangat meriah, JPI tahun ini mengambil tema ‘’Pemuda Indonesia Mandiri, Kreatif, dan Inovatif,’’ dan berlangsung di Kota Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung. Sabtu. (6/10).

 

JPI untuk pertama kalinya digelar pada tahun 2007 dan ini merupakan event Jambore Pemuda yang ke 12, acara dibuka langsung oleh Menpora RI Imam Nahrawi. Turut hadir mendampingi Menpora, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Prof. Dr. Faisal Abdullah, S.H., M.Si., DFM, Wakil Gubernur Bangka Belitung Drs. Abdul Fatah, Sekda Provinsi Dr. Yan Megawati, SH. M.SI., Kadispora Provinsi Babel H. Suharto, SE. MM., dan sejumlah jajaran stakeholder terkait, beberapa lintas tokoh agama dan masyarakat serta Pemuda di Provinsi tersebut.

 

Kegiatan JPI tahun ini diikuti 510 pemuda minus Provinsi Sulawesi Tengah, dikarenakan sedang terjadinya bencana musibah gempa bumi di wilayah tersebut, tepatnya di Kota Palu. Sigi, Donggala dan sekitarnya. Dalam kesempatan tersebut Imam mengajak para peserta yang hadir untuk mengheningkan cipta sebagai ungkapan duka cita kepada para korban bencana tersebut.

 

Pada kesempatan yang sama Imam dalam sambutannya seperti dipetik dari portal web kemenpora (kemenpora.go.id) mengatakan bahwa “Ini adalah JPI ke-4 yang saya hadiri selama saya ditunjuk Bapak Presiden Jokowi sebagai Menpora. Dari JPI ke JPI saya melihat sebuah semangat dan antusiasme sekaligus keinginan yang luar biasa untuk membagun soliditas dan solidaritas antar sesama anak bangsa, sesama orang-orang hebat yang bermimpi besar untuk melanjutkan estafet kepemimpinan nasional, terus bermimpi bercita-cita menjadikan Indonesia negara hebat, kokoh, dan disegani oleh dunia internasional," katanya.

 

Sesuai rencana event JPI ini akan dihadiri sebanyak 544 anak muda, terdiri dari peserta sebanyak 476 orang, pendamping 34 orang dan Liaison officer (LO) 34 orang. Semua hadir dari 33 provinsi, minus Provinsi Sulteng 16 orang.

 

Acara berakhir dengan tarian daerah khas Provinsi Bangka Belintung dan kunjungan Menpora ke stand-stand yang menampilkan produk unggulan daerah atau provinsi di Indonesia.(sal/jir)