19 Agustus: Hari Departemen Luar Negeri Indonesia 21 Agustus: Hari Maritim Nasional 2 Februari: Hari Lahan Basah Sedunia (Internasional) 4 Februari: Hari Kanker Dunia (Internasional) 5 Februari: Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi (Zeven Provincien) 9 Februari: Hari Kavaleri 12 Februari : Hari Darwin 13 Februari : Hari Persatuan Farmasi Indonesia 14 Februari : Hari Peringatan Pembela Tanah Air (PETA) 15 Februari : Hari Kanker Anak-anak Sedunia 19 Februari : Hari KOHANUDNAS 20 Februari : Hari Pekerja Nasional 20 Februari : Hari Keadilan Sosial Sedunia 21 Februari : Hari Bahasa Ibu Internasional 22 Februari : Hari Kepanduan Sedunia 22 Februari : Hari Istiqlal 22 Februari : World Thinking Day 23 Februari : Hari Rotary Club 28 Februari : Hari Gizi Nasional Indonesia 01 Maret : Hari Kehakiman Nasional 01 Maret : Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 01 Maret : Hari Ginjal Sedunia 2 Februari: Hari Lahan Basah Sedunia (Internasional) 4 Februari: Hari Kanker Dunia (Internasional) 5 Februari: Hari Peristiwa Kapal Tujuh Provinsi (Zeven Provincien) 9 Februari: Hari Kavaleri

Pesona Sabang Provinsi Aceh Destinasi Potensi Pariwisata

  • Lingkungan
  • Sabtu, 08 September 2018

Ditulis oleh  : Annisa Rahmayanti (Peserta Kirab Pemuda 2018 dari Jawa Tengah)

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki potensi yang luar biasa dalam berbagai bidang, misalnya karena keanekaragaman budaya dan keindahan alamnya, Pariwisata menjadi leading sektor dalam peningkatan ekonomi di Indonesia.

Branding pariwisata Indonesia adalah Pesona Indonesia (untuk wisnus) / Wonderful Indonesia (untuk wisman), dimana kita harus terus membuatnya viral agar Pariwisata Indonesia bisa terkenal diseluruh dunia. Ada strategi dalam pemasarannya yaitu BAS (Branding, Advertising & Selling) dengan Branding Wonderful Indonesia yang saat ini sudah mulai digencarkan di luar negeri seperti Tiongkok dan beberapa transportasi di London, harapannya jumlah wisman dari tahun ke tahun akan terus bertambah.

Hal penting yang harus diperhatikan di sebuah destinasi wisata adalah 3A ; Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas. Atraksi adalah what we want to do / what we want to see. Dalam sebuah destinasi wisata misalnya di Kota Sabang, Pulau Rubiah, pantai dan keindahan bawah lautnya bisa kita jadikan sebagai tempat snorkling, jadi atraksi di Pulau Rubiah adalah snorkling, dll.
Amenitas adalah segala fasilitas yang menunjang di sebuah destinasi wisata seperti Toilet, tempat parkir, hotel, restaurant, dll. Sedangkan aksesibilitas adalah akses atau bagaimana kita menuju ke destinasi wisata tersebut.

Di sebuah destinasi wisata, kita juga memerlukan realisasi dari Sapta Pesona, yaitu : Aman, tertib, bersih, indah, sejuk, ramah tamah dan kenangan. Kebersihan akan menimbulkan rasa nyaman bagi pengunjung, Kenangan akan membuat para wisatawan ingin kembali kesana.

Jaman ini dikenal sebagai era digitalisasi para generasi Milenial yaitu pemuda yang tidak bisa jauh dari gadgetnya, sehingga Pemerintah memanfaatkan para pemuda aktif dan kreativ yang hobi traveling untuk berpartisipasi dalam GenPI (Generasi Pesona Indonesia) untuk mempromosikan Pariwisata melalui akun sosial media mereka dan dinaungi dalam komunitas yang bisa diakses di genpi.co

Dalam kegiatan Kirab Pemuda 2018 dimana pemuda perwakilan dari 34 provinsi melakukan perjalanan selama 73 hari juga turut serta dalam mempromosikan pariwisata Indonesia dari berbagai titik singgah dengan cara membuat video singkat dan / foto yang instagramable.

Keterangan Gambar :

Annisa Rahmayanti - Peserta Kirab Pemuda 2018, snorkling, menikmati wisata Bahari Sabang, tepatnya di Pulau Rubiah; kamis, 6 september 2018